Sobirin, Sobirin (2017) THE EFFECTIVENESS OF USING CLUSTERING TECHNIQUE IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A-Quasi-Experimental Research at the Tenth Grade Students of MAN 2 Semarang in the Academic Year 2016/2017). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
File 1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
File 2. ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
File 3. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
File 4. BAB 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
File 5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
File 6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
File 7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text
File 8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
|
Text
File 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Studi ini tentang keefektifan menggunakan teknik klustering dalam mengajar menulis teks deskriptif. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan teknik klustering efektif untuk meingkatkan kemampuan siswa menulis teks deskriptif atau tidak. Jenis penelitian quasi experimental yang digunakan dalam studi ini. Populasi studi ini adalah kelas X MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Pola non-equivalent groups pretest-posttest adalah pola yang digunakan dalam studi ini. Dua kelas dijadikan sebagai sample. Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas control. Data diperoleh melalui test tulis. Data yang diperoleh dianalisa dengan t-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 66,84 dengan standar deviasi sebesar 7,948 dan rata-rata pre-test kelas control adalah 67,21 dengan standar deviasi sebesar 7,223. Adapun independent t-test menunjukkan bahwa sig (2-tailed) adalah 0,833 (>0,05). Itu berarti bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara nilai kelas eksperimen dan kelas control yang diajar tanpa menggunakan teknik clustering. Setelah kelas eksperimen menerima treatmen (perlakuan) dengan menggunakan teknik clustering, hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 77,82 dengan standar deviasi sebesar 4.501 and untuk rata-rata kelas control adalah 67,05 dengan standar deviasi sebesar 4,399. Adapaun independent sample t-test menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) adalah 0,000 (<0,05). Hal itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen yang diajar dengan teknik clustering dan nilai kelas control yang diajar tanpa menggunakan teknik clustering. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik clustering mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Kata kunci: Teknik Klustering, Kemampuan Menulis Siswa, Teks Deskriptif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:39 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8895 |
Actions (login required)
View Item |