Nurfanina, Nelfi (2017) THE CONTENT ANALYSIS OF ENGLISH TEXTBOOK USED BY THE TENTH GRADERS OF SMA NEGERI 2 SEMARANG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
5 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text
6 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
7 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
||
Text
8 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks bahasa Inggris berjudul "Bahasa Inggris" untuk siswa kelas X semester ganjil yang diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2014 dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarang dengan melakukan wawancara pada guru bahasa Inggris yang menggunakan buku teks bahasa Inggris sebagai sumber materi. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa 27,28% urutan materi dari buku teks "Bahasa Inggris" sesuai dengan silabus kurikulum 2013. Hal ini karena topik dari buku "Bahasa Inggris" memiliki urutan yang berbeda dengan topik silabus kurikulum 2013 di mana bab-bab tersebut ditempatkan dalam bab-bab yang salah. Sedangkan untuk kelengkapan materi, ditemukan bahwa 63,63% sesuai dengan silabus kurikulum 2013. Hal ini karena ada empat topik yang ada pada silabus kurikulum 2013 tidak ditemukan dalam buku teks. Untuk konsep cosistensi, ditemukan bahwa 87,06% sesuai dengan silabus. Hal ini karena sub bab mengenai struktur teks yang ditemukan dalam bab 5 tidak seharusya ditulis. Selain itu, hal ini sama dengan topik membaca. Untuk kesesuaian gambar ilustrasi, ditemukan bahwa 100% sesuai dengan silabus. Buku ini telah memenuhi kriteria buku teks yang baik. Selain itu, ada beberapa kesalahan yang ditemukan dalam buku ini, yakni kesalahan transkripsi fonetik dalam topik pronunciation practice. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa buku teks bahasa Inggris yang digunakan di SMA Negeri 2 Semarang cukup baik untuk siswa karena kesalahan dari buku tidak mencapai 60%. Akan tetapi, buku ini harus direvisi untuk menghindari kesalahpahaman pembaca. Kata Kunci: Analisis isi, Buku Teks Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:39 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8893 |
Actions (login required)
View Item |