PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs ABADIYAH GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

QISMAH, QONI’ATUL (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs ABADIYAH GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Qoni’atul, Qismah. 2015. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Abadiyah Gabus Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Tarbiyah. Unissula Sultan Agung. Pembimbingan Drs. M. Muhtar Arifin, S.M.Lib. Kata kunci : Pola asuh orang tua, Prestasi belajar siswa Pola asuh orang tua adalah suatu keseluruhan interaksi antara orang tua dengan anak, di mana orang tua menstimulasi anaknya agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pola asuh orang tua siswa kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus, 3) Bagaimana pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menjelaskan pola asuh orang tua siswa kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus Pati, 2) Untuk menjelaskan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus Pati, 3) Untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Abadiyah Gabus Pati. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua (X), yang merupakan bentuk pendidikan dalam kehidupan keluarga yang berpengaruh terhadap anak dalam proses pertumbuhan, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y) yaitu hasil dari aktivitas belajar yang membawa perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat dilihat dalam buku raport. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch) dengan pendekatan kuantitatif. Dan populasinya adalah seluru siswa MTs Abadiyah yang berjumlah 685 siswa yang terdiri dari 18 kelas, teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah purposive sempling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kuesioner, interview dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi “Person Product Moment Correlation”(PPMC). Dalam hal ini menempuh 3 langkah yaitu, analisis data pola asuh orang tua, analisis data prestasi siswa, dan analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ada pengaruh yang positif dan signifikansi antara pola asuh dengan prestasi belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran akidah akhlak di MTs Abadiyah Gabus tahun pelajaran 2014/2015”, diterima. Hal ini membuktikan bahwa pada hasil perhitungan korelasi hitung menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,420 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi kofesien korelasi menunjukkan bahwa rt pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,325 dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tingi daripada rt tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Saran dalam penelitian ini adalah Untuk para orang tua hendaklah menyadari bahwa keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak, tempat ia belajar dan menyatakan diri sebagai makhluk sosial. Keluarga memberikan dasar pembentukan tingkah laku, watak, moral dan pendidikan pada anak. Pengalaman interaksi di dalam keluarga akan menentukan pula pola tingkah laku anak terhadap orang lain dalam masyarakat. Walaupun anak telah di masukkan ke sekolah, namun bukan berarti peran orang tua dalam mendidik anak hilang. Bahkan cara orang tua dalam mendidik anak-anaknya itu sangat berhubungan dengan prestasi belajar yang akan dicapai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item