Hayati, Dwi Rakhmah (2017) THE EFFECTIVENESS OF USING READERS’ THEATRE TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING IN NARRATIVE TEXTS (A Quasi-Experimental Study of the Tenth Graders of an Islamic Senior High School at Mranggen Demak in the Academic Year of 2016/2017. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil dari penggunaan teknik Readers’ Theatre dalam pengajaran kemampuan berbicara text narasi pada kelas X disebuah sekolah menengah atas Islam di Mranggen Demak pada tahun ajaran 2016/2017. Pembelajaran ini mengguanakan desain quasi experimental. Ada dua grup yaitu grup experimntal dan grup control. Keseluruhan populasi yang ada pada penelitian ini adalah 175 murid kelas X dari sebuah sekolah menengah atas Islam di Mranggen Demak, dan yang menjadi sampel adalah kelas X yang berjumlah 37 murid baik di grup experiment maupun grup control. Ada tiga langkah untuk mengumpulkan data dari penelitian ini yaitu: pre-test, treatment, dan post-test, kemudian dianalisa menggunakan aplikasi SPSS untuk windows versi 18.0. Nilai rata-rata hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil dari pretest dan posttest dari kedua grup. Nilai rata-rata pretest pada grup experimental adalah 58.59 dan nilai rata-rata pada grup kontrol adalah 67.38. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada grup control adalah 57.76 dan nilai rata-rata posttest pada grup control adalah 59.97. Berdasarkan pada independent t-test, t-value lebih besar dari t-table (5.476 > 1.9993) dan significant score adalah 0.000 (< 0.05). Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian kemampuan murid antara grup eksperimental dan grup kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti penggunaan teknik Readers’ Theatre efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara murid pada teks narasi. Keywords: Teknik Readers’ Theatre, Kemampuan Berbicara, Teks Narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:38 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8872 |
Actions (login required)
View Item |