THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE TEXTS

Verawati, Amelia (2017) THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) IN IMPROVING STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT IN DESCRIPTIVE TEXTS. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Table Of Content.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Chapter 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
5. Chapter 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
6. Chapter 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
7. Chapter 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
8. Chapter 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. References.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan tentang bagaimana mengajar menulis descriptif text menggunakan tehnik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas tujuh siswa SMP Hasanuddin 10 Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan CIRC efektif dalam meningkatkan prestasi menulis siswa dalam teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan tehnik quasi-eksperimental. Populasi untuk penelitian adalah kelas tujuh siswa SMP Hasanuddin 10 Semarang tahun ajaran 2016/2017 dengan total 235 siswa. Penulis menggunakan tehnik sampel convenience dan 2 kelas diambil sebagai sampel, yaitu VII F sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas perlakuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes menulis. Penulis menggunakan dua macam tes: pre-test dan post test. Sebelum perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan kedua kelas. Post test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Data dari kedua tes di beri nilai dan penulis menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk menganalisa hasil dari pre-test dan post-test. Hasil dari T-test menunjukkan rata-rata dari kelas kontrol dalam pre-test adalah 57.05 dan kelas perlakuan adalah 57.69. Setelah melakukan perlakuan, penulis memberikan post-test. Hasil post test kelas control adalah 68.72 dan kelas perlakuan adalah 76.67. Perhitungan T-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Di dukung oleh hasil analisis T-test antara pre-test dan postest dikelas percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa dapat diterima. Sehingga, penggunaan CIRC teknik efektif untuk memperbaiki pencapaian menulis siswa dalam teks deskriptif. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) teknik, Menulis, and Deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:37
Last Modified: 13 Dec 2017 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item