STRATEGI BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMPIT AL-MA’RUF MRANGGEN DEMAK )

Istirokhah, Siti (2017) STRATEGI BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KASUS DI SMPIT AL-MA’RUF MRANGGEN DEMAK ). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PUBLIKASI.jpg

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB VI_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Islam menganut pendidikan sebagai suatu proses intelektual, emosional, spiritual dan akhlak, yang berusaha membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai, prinsip-prinsip dan teladan ideal dalam kehidupan, juga bertujuan mempersiapkan untuk kehidupan di dunia dan akhirat, Ironinya dunia pendidikan selama ini kurang menaruh perhatian pada pertumbuhan pribadi peserta didik yang sering dibiarkan tumbuh alamiah. Hanya dengan II (Intellectual Intelligence) tanpa EI (Emotional Intelligence), dan SI (Spiritual Intelligence), Hal ini yang dipercaya banyak pihak menjadi penyebab ketergantungan obat, putus sekolah, perilaku merusak, tawuran antar sekolah, dan perilaku negatif lainnya. Pendidikan di Indonesia membutuhkan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya memberi pengajaran agama Islam yang tujuannya tidak semata-mata memperkaya pikiran siswa dengan teks-teks dan penjelasan-penjelasan yang Islami, tetapi untuk meninggikan moral, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap tingkah laku yang jujur dan bermoral, dan menyiapkan siswa untuk hidup sederhana dan bersih hati melalui budaya yang Islami Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi budaya sekolah Islami dengan memadukan budaya pesantren dan sekolah formal dalam pendidikan akhlak di SMPIT Al-Ma’ruf Mranggen Demak dilakukan dengan memberikan pembelajaran kitab kuning, membudayakan tradisi pesantren seperti dengan sistem salafiyahnya dengan menjunjung tinggi budaya ta’dzim dan perilaku santun terhadap sesama dengan panggilan, begitu juga dalam hubungan kelompok dengan membiasakan gotong royong bersama, belajar bersama, melakukan shalat berjama’ah, dzikir, berjanji dan kegiatan agama lainnya yang dilandasi keteladanan dari pendidik, juga membuat tata tertib budaya Islami yang harus dilakukan oleh siswa. 2) Peran warga sekolah pada pelaksanaan strategi budaya sekolah Islami dalam pendidikan akhlak di SMPIT Al-Ma’ruf Mranggen Demak dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf, orang tua dan masyarakat dengan membetuk satu budaya atau kebiasaan yang bernuansa islami baik itu ibadah madha maupu ghairu mahdha. 3) Pengamalan warga sekolah terhadap budaya sekolah Islami dengan memadukan budaya pesantren dan sekolah formal dalam pendidikan akhlak di SMPIT Al-Ma’ruf Mranggen Demak terdapat dalam bentuk pengamalan mengerjakan shalat, pengamalan asmaul husna dan doa-doa sehari hari, pengamalan membaca al-Qur’an dan hadist, Pengamalan membiasakan berperilaku terpuji, pengamalan hidup bersih, pengamalan disiplin belajar dan pengamalan akhlak kepada diri sendiri dan orang lain Kata kunci: Strategi, Budaya SekolahIslami, Pendidikan, Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:37
Last Modified: 13 Dec 2017 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item