Mustofa, Mustofa (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA PONDOK MODERN DARUL ARQOM PATEAN KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB VI_1.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Mustofa: Manajemen Pendidikan Islam pada Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Modern Darul Arqom Patean, Kendal yang beralamat di Jalan Tugumas di desa Pagersari, kecamatan Patean dan kabupaten Kendal propinsi Jawa Tengah adalah penelitian lapangan dengan subjek Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal dan obyeknya adalah Manajemen Pendidikan Islam pada Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal sedangkan rumusan masalahnya sebagai berikut; Bagaimana prosedur penerimaan santri baru di pondok modern Darul Arqom Patean Kendal; Bagaimana proses belajar mengajar di pondok modern Darul Arqom Patean Kendal dan Bagaimana hasil belajar di pondok modern Darul Arqom Patean Kendal. Metode Penelitian, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau Penelitian lapangan dengan menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu situasi sosial merupakan kajian utama penelitian kualitatif ini. Peneliti pergi ke lokasi yaitu Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal untuk memahami dan mempelajari situasi. Studi dilakukan pada waktu interaksi berlangsung di tempat kejadian. Peneliti mengamati, mencatat, bertanya, menggali sumber yang erat hubungannya dengan managemen pendidikan Islam. untuk mengumpulkan data dari sumber utama dengan cara observasi, interview dan dokumentasi dengan setting para ustadz dan santri sebagai informen juga dengan sumber primer secara langsung dan skunder secara tidak langsung, untuk kredebilitas penelitian peneliti datang berkali-kali ke pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan memo dan dokumen resmi lainnya, setelah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah mendisplaykan data, yaitu proses mendiskripsikan kumpulan informasi secara sistematis dalam bentuk susunan yang jelas dengan hasil sebagai berikut; Pada prosedur penerimaan santri baru: Belum ada buku panduannya dan bisa berjalan lancar mengandalkan jadwal; Dilakukan tes tertulis terdiri dari tes potensi akademik dan tes minat dan kepribadian; Dilakukan tes wawancara pada calon santri dan wali calon santri. Pada proses belajar mengajar sudah memakai strategi tertentu, sudah menggunakan metode tertentu dan sudah memanfaatkan media tertentu. Pelaksanan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional sudah ada programnya. Kata kunci: manajemen, pendidikan Islam, pondok modern
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 02:37 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8840 |
Actions (login required)
View Item |