PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR PAI JENJANG MTs SE-KECAMATAN KAYEN PATI

ROHMAH, NAILIS SA’ADATUR (2015) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR PAI JENJANG MTs SE-KECAMATAN KAYEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAILIS SA'ADATUR ROHMAH _152111655__1ABSTRAK.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAILIS SA'ADATUR ROHMAH _152111655__1COVER.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAILIS SA'ADATUR ROHMAH _152111655__1DAFTAR ISI.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang hendak dibahas tentang pengembangan sumber belajar yang masih terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru ditambah sedikit dari buku. Padahal, secara tidak langsung apa yang telah mereka gunakan, orang, lingkungan dan benda tertentu itu juga termasuk dalam sumber belajar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana Pengembangan Sumber Belajar PAI Jenjang MTs Se-Kecamatan Kayen Pati”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai Pengembangan sumber belajar PAI Jenjang MTs Se-Kecamatan Kayen Pati. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat secara teoritis untuk memperkokoh kajian tentang pengembangan sumber belajar PAI jenjang MTs serta dapat memberi masukan, sebagai referensi atau rujukan pada sisi pengembangan pendidikan Islam tentunya. Dan secara praktis bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan proses belajar mengajar supaya berkualitas. Bagi peneliti dalam kegunaan praktis adalah untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dalam upaya peningkatan mutu belajar mengajar. Adapun pendekatan dan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha mengungkap data deskriptif secara alamiah yang diperoleh melalui data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan maupun dokumen-dokumen lainnya yang mendukung. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara untuk memperoleh informasi dari beberapa informan, sumber-sumber informan disini peneliti menggunakan purposive sampling. Sedangkan observasi partisipan dan dokumentasi untuk menggali data tentang keadaan sekolah. Hasil menunjukkan bahwa dari analisa berbagai segi, pengembangan sumber belajar sangat diperlukan karena sumber belajar merupakan unsur penting di dalam proses belajar mengajar yang saling terkait satu sama lain. Pengembangan sumber belajar PAI di Kecamatan Kayen sudah dilakukan dengan baik, terbukti dengan digunakannya semua jenis sumber belajar pada kegiatan pembelajarannya. Kata Kunci : Pengembangan, Sumber Belajar dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item