HUBUNGAN ANTARA SEROTIPE DEN-2 DARI ISOLAT Aedes aegypti DENGAN TINGKAT ENDEMISITAS DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Kasus di Kecamatan Tembalang dan Tugu Kota Semarang

Paramitha, Anneke Nandia (2015) HUBUNGAN ANTARA SEROTIPE DEN-2 DARI ISOLAT Aedes aegypti DENGAN TINGKAT ENDEMISITAS DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Kasus di Kecamatan Tembalang dan Tugu Kota Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Anneke Nandia Paramitha 01.211.6329_Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anneke Nandia Paramitha 01.211.6329_Daftar Isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anneke Nandia Paramitha 01.211.6329_Intisari.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Virus dengue (DENV) adalah virus yang menyebabkan penyakit DBD dan terdiri dari 4 serotipe yaitu tipe DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Penelitian tentang serotipe virus dengue terdahulu menyebutkan bahwa nyamuk Aedes aegypti cenderung lebih peka untuk terinfeksi serotipe DEN-2 dan lebih berpotensi menyebabkan DBD.Penelitian terhadap serum penderita DBD lebih banyak bila dibandingkan dengan penelitian terhadap vektornya yaitu nyamuk Aedes aegypti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara serotipe DEN-2 dari isolat Aedes aegyptidengan tingkat endemisitas DBD di Kota Semarang. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional ini menggunakan nyamuk Aedes aegyptidewasa betina dari hasil penangkaran telur nyamuk Aedes aegyptiyang didapat dari wilayah Puskesmas endemis Kota Semarang yaitu wilayah puskesmas Tembalang dan Tugu. Identifikasi virus dilakukan dengan metode pemeriksaan Reverse Transcription-Polimerase Chain Reaction (RT-PCR).Tingkat endemisitas dikatakan tinggi (>10,0) dihitung dari jumlah kasus DBD dibagi jumlah penduduk dikali 10.000. Distribusi serotipe DEN-2 pada wilayah endemis DBD disajikan dalam tabel silang dan uji statistik yang digunakan adalah dengan metode Fisher’s. Hasil penelitian menunjukkan dari 16 isolat yang diteliti serotipe DEN-2 ditemukan 4 (25%) isolat yaitu diwilayah puskesmas Tembalang sebanyak 1 (6,25%) isolat dan Tugu sebanyak 3 (18,75%) isolat. Analisis uji statistik didapatkan hasil tidak terdapat hubungan baik pada wilayah puskesmas Tembalang maupun Tugu (p>0,05). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara serotipe DEN-2 dari isolat Aedes aegyptidengan tingkat endemisitas DBD di Kota Semarang. Kata kunci: Serotipe DEN-2, Endemisitas DBD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 05 Aug 2015 01:11
Last Modified: 05 Aug 2015 01:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item