PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2016

Fahlefi, Riza (2017) PERAN DAN STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2016. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER TESIS.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fungsi pendidikan keagamaan dan tujuan pendidikan nasional, salah satu indikatornya yaitu mempersiapkan peserta didik dan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa terhadap Tuhan YME dan berakhlak mulia. Terwujudnya tujuan tersebut tidak lepas dari peran dan tanggung jawab guru PAI, Selain itu seorang guru PAI harus mempunyai strategi dalam mewujudkan hal tersebut. peneliti merumuskan strategi apa yang digunakanan guru Pendidikan Agama Islam dan Bagaimana peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Sayung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak pada tingkat SMP Negeri se-Kecamatan Sayung Tahun Pelajaran 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian adalah di semua SMP Negeri yang berada di Kecamatan Sayung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, data display dan verification. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa antara lain terfokus pada 3 hal yaitu guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing, guru Pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dan guru Pendidikan Agama Islam sebagai penasehat. 2) Strategi yang efektif digunakan antara lain efektif digunakan dalam pembinaan akhlak adalah pendidikan secara langsung dan yang paling menonjol adalah teladan dan pembiasaan. Sedangkan pendidikan secara tidak langsung yang dirasa efektif untuk pembinaan akhlak adalah larangan dan hukuman. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak, SMP Negeri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:32
Last Modified: 13 Dec 2017 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item View Item