HUBUNGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH

FARIDA, IDA (2015) HUBUNGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IDA FARIDA. 15.211.1609. Hubungan Penggunaan Multimedia Pembelajaran dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa di SMA N 1 Karangtengah. Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rohani HM, M. Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana penggunaan multimedia pembelajaran, 2) Bagaimana minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Karangtengah, 3) Adakah hubungan positif yang signifikan antara penggunaan multimedia pembelajaran dengan minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Karangtengah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan poin-poin dari rumusan masalah yang telah disebutkan di atas. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil obyek penelitian di SMA N 1 Karangtengah Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data statistik dalam pengumpulan data dan analisis data. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif yang bertujuan mencari hubungan antara multimedia pembelajaran dengan minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Penggunaan multimedia pembelajaran di SMA N 1 Karangtengah Demak dapat dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil skala penggunaan multimedia pembelajaran sebesar 39 yang berada pada interval 53- 46 dengan kategori baik, 2) Minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Karangtengah termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean atau rata-rata hasil skala minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa sebesar 49 yang berada pada interval 47 – 53 dengan kategori baik, 3) Hasil koefisien korelasi (r ) hitung r 0 = 0.491 lebih besar dari koefisien korelasi tabel (r ) pada taraf signifikansi 5% yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X (multimedia pembelajaran) dengan variabel Y (minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI)) dan hasil r t xy 2 = 0,24 yang berarti variabel X (multimedia pembelajaran) memberikan kontribusi positif terhadap variabel Y(minat belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa) sebesar 0, 24 yang berarti 24%. Kata Kunci : Multimedia, Pembelajaran, Minat Belajar dan PAI. xy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item