ANALISIS BUKU AJAR GURU AL-QURAN HADIST DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG

MUSIDAH, DUROTUN (2015) ANALISIS BUKU AJAR GURU AL-QURAN HADIST DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1ABSTRAK.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1COVER.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

”ANALISIS BUKU AJAR GURU AL-QURAN HADIST MAN 2 SEMARANG”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung. Durotun, Musidah, 152111589, 2015 Buku ajar adalah salah satu sarana dalam proses belajar mengajar. Buku ajar digunakan sebagai penunjang dalam proses pembalajaran. Buku ajar membantu guru menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus bisa menganalisa kriteria buku ajar yang baik, yang bisa melibatkan siswa dan menuntun siswa ke arah berfikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui ruang lingkup (scope) buku ajar al-Quran Hadist di MAN 2 Semarang 2) Untuk mengetahui urutan (sequence) buku ajar al-Qur’an Hadist di MAN 2 Semarang 3) Untuk mengetahui keterkaitan (relevance) buku ajar yang digunakan dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah dirumuskan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Field research adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di medan lapangan, tempat terjadinya gejala–gejala yang di selidiki. Tempat penelitian ini adalah di MAN 2 Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ruang lingkup (scope) buku ajar yang digunakan sesuai dengan materi yang dirumuskan, yaitu nikmat Allah, menjaga kelestarian lingkungan, pola hidup sederhana, berlomba-lomba dalam kebaikan, amar ma’ruf nahi mungkar, ujian dan cobaan. 2) urutan (sequence) buku ajar yang digunakan sesuai dengan urutan materi yang dirumuskan yaitu a) semester satu : nikmat Allah, menjaga kelestarian lingkungan, b) semester dua pola hidup sederhana, berlomba-lomba dalam kebaikan, amar ma’ruf nahi mungkar, ujian dan cobaan. 3) keterkaitan (relevance) buku ajar dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah dirumuskan adalah a) keterkaitan dengan standar kompetensi adalah baik, karena dalam buku ajar mengandung dua ranah tujuan pendidikan yaitu ranah kognitif dan afektif, b) keterkaitan dengan kompetensi dasar adalah cukup baik karena dalam buku ajar hanya mengandung satu ranah tujuan pendidikan yaitu ranah kognitif. Secara keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar layak digunakan untuk kelas XI MA. Kata kunci : Buku Ajar, Guru, Al-Quran Hadist

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item