Anindito, Satriyo Adi (2017) KEWAJIBAN PELAKU USAHA PANGAN UNTUK MENJAMIN MUTU BARANG YANG DIPRODUKSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2012 TENTANG PANGAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di CV. Dyriana Cake & Bakery Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Image
PUBLIKASI.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Perlindungan konsumen adalah bagian dari hukum yang memuat asas-asas atau kaidah-kaidah yang bersifat mengatur dan juga mengandung sifat yang melindungi kepentingan konsumen. Aspek keamanan pangan pada pangan merupakan hal yang patut mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, karena menyangkut hak asasi manusia untuk mendapatkan pangan yang sehat. Tinjauan hukum yang terkait dengan keamanan terhadap bahan pangan olahan dilakukan untuk melihat sejauh mana relevansi pengaturan yang berkaitan dengan keamanan pangan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah produk pangan yang diproduksi oleh CV. Dyriana Cake & Bakery telah memenuhi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan? (2) Apa Hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen di CV. Dyriana Cake & Bakery? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah produk pangan yang dijual oleh CV. Dyriana Cake & Bakery telah memenuhi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan? (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dan solusi dalam pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Konsumen di CV. Dyriana Cake & Bakery. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu pendekatan yang menggunakan asas dan prinsip hukum yang berasal dari peraturan-peraturan tertulis dan ditunjang dengan keadaan yang sesungguhnya di masyarakat terhadap masalah yang diteliti. Lokasi dari penelitian ini dilakukan di CV. Dyriana Cake & Bakery Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Dyriana Cake & Bakery telah menerapkan Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 dalam memenuhi kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen, yaitu Dyriana Cake & Bakery telah memiliki izin. Selain itu dalam tahap pengemasan menggunakan kemasan yang tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat mencemari produk. Sebelum diedarkan produk kami juga melalui quality control untuk menjaga mutu produk. CV. Dyriana Cake & Bakery memberikan label pada setiap kemasan produknya, seperti nomor izin edar berat/isi dari produk, komposisi yang digunakan serta mencantumkan tanggal kadaluwarsa. Hambatan-hambatan dan Solusi yang terjadi dalam pelaksanaan perlindungan konsumen Di CV. Dyriana Cake & Bakery seperti pegawai yang kurang teliti dalam hal pengecekan, tekstur roti yang kurang baik, kemasan yang kurang rapat dan kurang terjaganya kebersihan dalam dapur proses produksi di CV. Dyriana Cake & Bakery. Solusi permasalahan tersebut di CV. Dyriana Cake & Bakery berusaha untuk menjaga keamanan produknya, yaitu selalu menjaga kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan produk, menjaga kebersihan dalam dapur produksi, dan mengawasi pegawai dalam bekerja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengkonsumsi produk CV. Dyriana Cake & Bakery. Kata kunci : perlindungan konsumen, keamanan pangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 07:22 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 07:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8460 |
Actions (login required)
View Item |