EFEKTIVITAS METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI MTs ASSALAM KEJENE RANDUDONGKAL PEMALANG

Mubarokah, Al (2015) EFEKTIVITAS METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK DI MTs ASSALAM KEJENE RANDUDONGKAL PEMALANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__1ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI__1COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI__1DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Al Mubarokah 152111577, Efektifitas Metode Cerita dalam Pembelajaran Akhlak diMTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalanag. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Dosen Pembingbing Drs. H.Ahmad Rohani, HM. M. Pd Dalam pelaksanaan pendidikan agama islam terutama aspek metodologi, Metodologi pendidikan adalah suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang digunakan dalam pekerjaan mendidik.Asal kata metode mengandung pengertian “suatu jalan yang dilalui mencapai suatu tujuan”. Metode mendidik dengan bercerita yaitu mengisahkan peristiwa sejarah hidup manusia masa lampau yang menyangkut ketaatannya atau kemungkarannya dalam hidup terhadap perintah dan larangan tuhan yang dibawakan nabi atau rosul yang hadir ditengah mereka. Pendidikan melalui cerita mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan manusia cerita pada kenyataannya sudah merajut hati manusia dan mempengaruhi kehidupan mereka. Pembaca atau pendengar cerita bersikap mengikuti jalan cerita dan orang-orang yang terdapat didalamnya sadar atau tidak, ia telah menggiring dirinya untuk mengikuti jalan cerita. Menghayalkan bahwa dia sedang berada dipihak ini atau itu dan menimbang posisinya dengan posisi tokoh cerita yang mengakibatkan ia senang, benci atau merasa kagum. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriftif kuantitatif dimana data yang diperoleh langsung dari lapangan menyebar skala dan observasi dan wawancara dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode cerita yang digunakan dalam pembelajaran akhlak efektif digunakan dengan adanya siswa antusisa atas cerita yang dibawakan oleh guru. Kata Kunci : Efektifitas Metode Cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:50
Last Modified: 25 Aug 2015 08:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item