KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT SA’ID BIN ALI BIN WAHF AL-QAHTHANI DALAM KITAB AL-HADYU AN-NABAWI FI TARBIYATUL AULAD FI DHAUI AL-QURAN WA AS-SUNNAH

LATIF, AHMAD ABDUL (2015) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT SA’ID BIN ALI BIN WAHF AL-QAHTHANI DALAM KITAB AL-HADYU AN-NABAWI FI TARBIYATUL AULAD FI DHAUI AL-QURAN WA AS-SUNNAH. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Abdul Latif, 152111570, konsep Pendidikan Anak Menurut Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani dalam kitab al-Hadyu An-Nabawi fi Tarbiyah Al-Aulad fi Dhaui al-Quran wa as-Sunnah. Masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana Pandangan Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani tentang cara orangtua mendidik anak dan relevansinya dalam kehidupan modern. Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik studi literatur sebagai suatu teknik yang dipergunakan untuk mempelajari buku-buku referensi. Temuan penelitian menunjukan bahwa pandangan pendidikan Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, merupakan pemahaman yang berangkat dari teori dasar pendidikan anak dalam Islam yang bersumberkan dari al-Quran dan Sunah. Seluruh proses pendidikan yang dijelaskan oleh Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, pemikirannya diambil dari al-Quran dan Sunnah. Adapun sumber pengumpulan data adalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang akan digunakan berupa kitab al-Hadyu An-Nabawi fi Tarbiyah Al-Aulad fi Dhaui al-Quran wa asSunnah karya Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani dan juga kitab karya yang lainnya. Sedangkan sumber data sekunder berupa Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Manhaj tarbiyah an-Nabawiy, Kapita Selekta Pendidikan Islam, kitab-kitab, buku-buku serta lainnya yang ada relevansinya dengan obyek pembahasan penulis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara strategi mendidik anak menurut Sa‟id bin Ali bin Wahf al -Qahthani dengan strategi pendidikan anak dalam sebuah teori. Dari hasil perbandingan itu kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: konsep pendidikan anak meliputi; dasar pendidikan anak, cara atau metode mendidik anak, tujuan mendidik anak, dan materi dalam mendidik anak. Dari keempat aspek tersebut sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani sangat menginginkan terbentuknya generasi quratal a’yun yang memahami Islam secara benar dan murni, mempunyai keprbadian yang kuat dan islami., pembahasan dan metode yang disampaikan oleh Syaikh Sa‟id bin Ali bin Wafh al-Qahthani dinilai konsep pendidikan anak yang strategis dan mampu mengatasi problematika dalam pendidikan anak era modern ini. Kata kunci: Pendidikan Anak, Sa‟id bin Ali bin Wahf al-Qahthani. al-Hadyu AnNabawi fi Tarbiyah Al-Aulad fi Dhaui al-Quran wa as-Sunnah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:50
Last Modified: 25 Aug 2015 08:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item