PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS III SD ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG

Nikmah, Alfiyatun (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS III SD ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Islam Sultan Agung 1 Semarangyang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan indikatorkreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1900 dengan presentase 74,5% termasuk kriteria kreativitas baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 2163 dengan persentase 87,39% termasuk kriteria kreativitas sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,29 dan persentase ketuntasan kelas 73,529%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,10 dan persentase ketuntasan kelas 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model scrambleberbantuan dengan media video dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar PKn di kelas III SD Islam Sultan Agung 1 Semarang.. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:45
Last Modified: 24 Nov 2017 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item