Fitrianingrum, Irine (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IVBSD NEGERI KUNCIR 2 WONOSALAM. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sikap disiplin dan prestasi belajar yang masih kurang dalam pembelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri Kuncir 2 Wonosalam. Siswa pada awalnya memiliki sikap disiplin yang kurang dan prestasi belajar masih dinyatakan kurang dengan perolehan nilai kurang dari KKM yaitu 75. Oleh karena itu guru berupaya meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Shareberbantuan media gambar pada pembelajaran IPS diharapkan meningkat. Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share adalah pembelajaran yang memiliki prosedur yang ditetapkan secara berpikir, berpasangan atau berkelompok dan berbagi satu sama lain. Model pembelajaran Think Pair Share membawa beberapa manfaat, salah satunya meningkatkan siswa untuk lebih menghargai waktu untuk menyelasaikan tugas dan siswa belajar lebih mendalam. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata IPS yaitu 79,80 dengan ketuntasan belajar 76,19% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yaitu 88 dengan ketuntasan belajar sebesar 95,23%. Perolehan siswa disiplin sangat baik pada siklus I yaitu 71,42%, sedangkan pada siklus II yaitu 85,71%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan sikap disiplin siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Disiplin,Prestasi Belajar dan Think Pair Share
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:45 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7997 |
Actions (login required)
View Item |