Jayanti, Elien Dwi (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
||
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan dengan implementasi model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah siswa kelas V SDN Bangetayu Wetan 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru, lembar sikap tanggung jawab siswa dan angket. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 tanggung jawab mendapat persentase 44,88% dengan kriteria cukup dan siklus I pertemuan 2 mendapat persentase 58,52% dengan kriteria cukup. pada siklus II pertemuan 1 mandapat persentase 79,13% dengan kriteria baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 90,02% dengan kriteria sangat baik. Siklus I persentase ketuntasan klasikalnya 68,5% Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 89,1%. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas V SDN Bangetayu Wetan 02. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:45 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7978 |
Actions (login required)
View Item |