PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 02

Jayanti, Elien Dwi (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan dengan implementasi model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah siswa kelas V SDN Bangetayu Wetan 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru, lembar sikap tanggung jawab siswa dan angket. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 tanggung jawab mendapat persentase 44,88% dengan kriteria cukup dan siklus I pertemuan 2 mendapat persentase 58,52% dengan kriteria cukup. pada siklus II pertemuan 1 mandapat persentase 79,13% dengan kriteria baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 90,02% dengan kriteria sangat baik. Siklus I persentase ketuntasan klasikalnya 68,5% Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 89,1%. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas V SDN Bangetayu Wetan 02. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:45
Last Modified: 24 Nov 2017 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item