Widyono, Dwi Noviyanto (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN WATES 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dikarenakan keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu disiplin siswa yang masih rendah. Hal tersebut karena kurangnya inoasi guru dalm proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SDNegeri Wates 01Kecamatan NgaliyanKota Semarang pada kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Reading Guidebertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan karakter disiplin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif. Penelitian dilaksanakan pada 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja,angket dan observasi. Pada siklus I disiplin mendapat persentase 65,83 % dengan kriteria baik. Pada siklus II disiplin mendapat persentase 89,53% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa siklus I persentase ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 66,67% dan siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai 88, 88%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reading Guidedapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan karakter disiplin siswa di kelas IV SDNegeri Wates 01. Kata Kunci: Membaca, Karakter, Disiplin, Model pembelajaran Reading Guide
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:44 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7974 |
Actions (login required)
View Item |