Candra, Dwi Wahyu (2017) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN SIDIGEDE 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
1.COVER.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
|
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Sidigede pada mata pelajaran IPS dengan materi jenis usahadan kegiatan ekonomi di indonesia,dengan menggunakan Model Pembelajaran wordsquareberbantuan media Audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kooperatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 03 Sidigede dengan jumlah 29 orang siswa.jenis penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Validitas instrument. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kemampuan kedisiplinan siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I dengan memperoleh rata-rata 63%, siklus II nilai rata-rata presentase peningkatan kemampuan disiplin siswa meningkat menjadi 79% Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 72% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86%. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok. Kata kunci :Kedisiplinan, Prestasi belajar, Model Wordsquare
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7971 |
Actions (login required)
View Item |