Kamal, Ikhsanul (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN KOTA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS IV SDN 02 PECANGAAN WETAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
Publikasi.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV dan wawancara dengan guru kelas yaitu Ibu Sriyati, S.Pd.SD, beliau mengungkapkan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya ketertarikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM.Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn materi sistem pemerintahan kota menggunakan model number head together di kelas IV SDN2 Pecangaan Wetan Kecamatan Pecangaan Jepara. Subyek penelitian ini kelas IV SDN2 Pecangaan Wetan 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pada siklus I pertemuan 1 motivasi belajar siswa mendapatkan presentase 60% kriteria cukup dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 8 dan 5 siswa dan siklus I pertemuan 2 mendapat presentase 63,33% kriteria cukup dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 13 dan 5 siswa, pada siklus II pertemuan 1 mendapat presentase 86,67% kriteria baik dengan jumlah siswa yang mendapat kategori baik dan sangat baik adalah 19 dan 7 siswa, pada siklus II pertemuan 2 mendapat 90% kriteria sangat baik dengan jumlah siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik adalah 20 dan 7 siswa. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 53,33% dengan rata-rata kelas 66,17, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 93,33% dengan rata-rata kelas 78,50. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe number head together dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN2 Pecangaan Wetan. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Motivasi, Model Kooperatif tipe Number Head Together
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:43 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7969 |
Actions (login required)
View Item |