PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN DENGAN MEDIA GAMBAR DIKELAS IV SDN 1 KALIOMBO

‘Alawi, Muhammad Zakiyyuddin (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN DENGAN MEDIA GAMBAR DIKELAS IV SDN 1 KALIOMBO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kedisiplinan danprestasi belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 1 Kaliombo, Kecamatan Pecangaan Kota Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kaliombo yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, observasi sikap disiplin dan tes evaluasi siswa.Analisis data ini berupa tes dan non tes dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif.Setelah melaksanakan penelitian, terlihat adanya peningkatan kedisiplinan siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek kedisiplinan siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase 52,61% dengan kriteria kedisiplinan cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu, dengan presentase 72,176% dengan kriteria disiplin baik.Kemudian adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan 75,0%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 100,0%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Kaliombo. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, dan Kooperatif tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:43
Last Modified: 24 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item