PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN SIDIGEDE 03

Astutik, Puji (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN SIDIGEDE 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untukPeningkatan Motivasi Siswa Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share Di Kelas V SD Sidigede 03 kecamatan Welahan, Jepara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD SD Sidigede 03 kecamatan Welahan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan cinta tanah air siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 66 dengan kriteria motivasi siwa baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,09 dengan kriteria motivasi siwa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 52%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar belajar siswa kelas V SD SD Sidigede 03 kecamatan Welahan. Kata kunci : motivasi, prestasi belajar, model pembelaran think pair share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:43
Last Modified: 24 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item