PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA FLIP CHART PERISTIWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII BMTs AL ANWAR MRANGGEN

Ulya, Nurul Hidayatul (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA FLIP CHART PERISTIWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII BMTs AL ANWAR MRANGGEN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: keterampilan menulis teks berita, model concept sentence, media flip chart peristiwa, pendidikan karakter Menulis berita merupakan salah satu aspek keterampilan yang harus dikuasai siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis yang disebabkan oleh siswa kurang menyukai dengan pembelajaran menulis berita, karena siswa merasa kebingungan dengan yang ingin ditulis, kesulitan dalam kelengkapan unsur berita, kesesuaian isi dengan tema, serta kesulitan dalam merangkai kalimat. Berdasarkan rendahnya keterampilan menulis berita, maka permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII B MTs Al Anwar Mranggen dengan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter 2)Bagaimana peningkatan sikap siswa kelas VIII B MTs. Al Anwar Mranggen setelah dilakukan pembelajaran menulis teks berita dengan model concept sentence dan media flip chart peristiwa. 3)Bagaimana peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VIII BMTs Al Anwar Mranggen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs. Al Anwar Mranggen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil dari teknik analisis data dapat diketahui dengan penggunaan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 64,34, siklus I meningkat menjadi 74,19, pada siklus II rata-ratanya mencapai84,56 dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 87,82. Peningkatan sikap siswa mulai dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan ke arah yang sangat baik. Peningkatan motivasi siswa mulai dari tahap prasiklus, siklus I, siklus II hingga siklus III mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:39
Last Modified: 24 Nov 2017 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item