PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI MELALUI TEKNIK PANCING KATA KUNCI DENGAN MEDIA LIRIK LAGU PADA SISWA KELAS VIII D MTs NEGERI 2 SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hartanti, Dian Rahmawati (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI MELALUI TEKNIK PANCING KATA KUNCI DENGAN MEDIA LIRIK LAGU PADA SISWA KELAS VIII D MTs NEGERI 2 SEMARANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, metode sugesti-imajinasi, teknik pancing kata kunci, media lirik lagu Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Keterampilan menulis puisi tidak bisa dikuasai secara otomatis melainkan harus latihan berulang-ulang. Penggunaan metode, teknik dan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan guru agar tujuan pembelajaran menulis puisi dapat tercapai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada keterampilan menulis puisi kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang, Semarang masih rendah. hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari faktor siswa dan faktor guru. faktor siswa antara lain materi kurang menyenangkan, kurangnya motivasi siswa dari guru. Faktor guru antara lain guru kurang inovatif dalam menerapkan metode, teknik dan media yang terlihat monoton, sehingga siswa kurang bersemangat dalam proses belajar. Sebagai upaya mengatasi kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi, teknik pancing kata kunci dan media lirik lagu dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang, Semarang. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (b) Bagaimana peningkatan motivasi siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (c) Bagaimana peningkatan sikap siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (d) Bagaimana peningkatan kinerja guru dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang? (a) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (b) Mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (c) Mendeskripsikan peningkatan sikap siswa dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?, (d) Mendeskripsikan peningkatan kinerja guru dalam menulis puisi, menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan teknik pancing kata kunci melalui media lirik lagu pada siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang?. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat siklus. Pada siklus I, siklus II dan siklus III, terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diambil melalui tes dan nontes. Data tes yang digunakan berupa instrumen tes tertulis menulis puisi. Data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa metode sugesti-imajinasi, teknik pancing kata kunci dan media lirik lagu pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII D MTs Negeri 2 Semarang, Semarang. Peningkatan keterampilan menulis puisi diketahu dari hasil tes prsiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 65,525 dengan kategori kurang pada rentang nilai 0-65. Nilai rata-rata kumulatif setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 73,27 dengan kategori cukup pada rentang nilai 66-75. Pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan menjadi 77,92 dengan kategori cukup pada rentang nilai 76-85. Pada siklus III, nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan menjadi 80,62 dengan kategori baik pada rentang nilai 76-85 Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 8,06%. Perilaku yang ditunjukkan siswa berubah kearah yang positif setelah diberi tindakan. Perilaku positif ini dibuktikan dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dokumentasi. Perubahan perilaku ditunjukkan siswa pada siklus I, masih ada beberapa siswa yang berbicara sendiri pada saat proses pembelajaran berlangsung, tetapi pada siklus II sudah berkurang. Pada siklus II sudah berkurang. Pada siklus III siswa lebih tenang dan memperhatikan proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Guru Bahasa Indonesia dapat memanfaatkan metode, teknik dan media yang memotivasi siswa agar antusias untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu alternative dengan menggunakan metode pembelajaran sugesti-imajinasi, teknik pancing kata kunci dan media lirik lagu, karena dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan mengubah perilaku siswa ke arah yang positif, dan (2) Peneliti dalam bidang jurusan Bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian di bidang keterampilan menulis puisi, khususnya menulis puisi dengan menitikberatkan pada aspek lainnya. Peneliti hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan menggunakan metode pembelajaran, teknik dan media yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:37
Last Modified: 24 Nov 2017 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item