KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA

Kartika, Yuni (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIKA_1abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIKA_1cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIKA_1daftar isi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Kartika, Yuni. 2015. Keefektifan Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Flash Terhadap Hasil Belajar Materi Trigonometri Pada Siswa SMA. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Nila Ubaibah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : joyful learning, media pembelajaran, flash, trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang dikenai model pembelajaran Joyfull Learning berbantuan Media Flash dengan siswa yang dikenai model pembelajaran STAD dalam materi trigonometri pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015. (2) Mengetahui bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Joyfull Learning berbantuan Media Flash pada materi Trigonometri kelas X MIA SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015 mencapai kategori baik yaitu 76. (3) Mengetahui adanya pengaruh motivasi siswa dalam pembelajaran model Joyfull Learning berbantuan media Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Trigonometri pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas X SMA N 6 Semarang yang diambil 3 kelas yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Joyfull Learning berbantuan Media Flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran STAD. Data diperoleh melalui : (1) dokumentasi, (2) angket, dan (3) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji banding (OneWay Anava), untuk uji ketuntasan (KKM) hasil belajar dengan uji One sample T Test dan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : (1) adanya perbedaan hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol, dan (2) mean hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, (3) hasil One sample T Test diperoleh nilai mean 84,67 dan Sig. (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen mencapai kategori baik yaitu 76, (4) hasil regresi linier sederhana kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh positif antara motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Trigonometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item