Ferdiyanti, Icin (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI_Icin Ferdiyanti_422110012_1abstrak.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_Icin Ferdiyanti_422110012_1cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_Icin Ferdiyanti_422110012_1daftar isi.pdf Download (537kB) | Preview |
Abstract
Ferdiyanti, I. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Persamaan Linear Siswa SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd., M.Pd Kata kunci : Problem Solving, CTL, Hasil Belajar. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan motivasi siswa serta kinerja guru dalam upaya meningkatkan hasil belajarsiswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 pada pokok bahasan persamaan linear menggunakan model pembelajaran problem solving berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian adalah kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Semarang dengan jumlah 32 orang. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Siklus pertama untuk materi ajar persamaan nilai mutlak; siklus kedua untuk materi ajar persamaan linear; dan siklus ketiga untuk materi persamaan linear dengan metode eliminasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, metode tes, metode angket, dan wawancara. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif untuk mengetahui signifikansi peningkatan hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua dan siklus ketiga. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan, aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 74,79%, motivasi siswa diperoleh persentase sebesar 75,90%, dan kinerja guru dalam proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 78,33%. Sedangkan tes hasil belajar siswa diperoleh persentase sebesar 74,9%. Pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 79,43%, motivasi siswa diperoleh persentase sebesar 80,79%, dan kinerja guru dalam proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 86,67%. Sedangkan tes hasil belajar siswa diperoleh persentase sebesar 81,2%. Pada siklus III, aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 86,10%, motivasi siswa diperoleh persentase sebesar 88,72%, dan kinerja guru dalam proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90,83%. Hasil belajar yang menyatakan siswa tuntas belajar, pada siklus I mencapai persentase sebesar 75%, siklus II mencapai persentase sebesar 81,2%, dan siklus III mencapai persentase sebesar 87,5%. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem solving berbasis Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 pada pokok bahasan persamaan linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 07:00 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/779 |
Actions (login required)
View Item |