PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNISSULA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP/SMA LOKASI PPL DI SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Pramawati, Irta (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNISSULA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP/SMA LOKASI PPL DI SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi_1abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi_1daftar isi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pramawati, Irta. 2015. Pengaruh Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL FKIP Unissula Program Studi Pendidikan Matematika dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP/ SMA Lokasi PPL di Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar mahasiswa PPL program studi pendidikan matematika dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika baik secara parsial maupun simultan. Permasalahan dalam penelitian ini dijawab dengan studi lapangan yang dilaksanakan di beberapa SMP dan SMA di Kota Semarang yang menjadi lokasi PPL mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Unissula tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah 6 (enam) sekolah yang masing-masing terdiri dari 4-5 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta dianalisis dengan metode analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh jawaban bahwa: (1) Keterampilan mengajar mahasiswa PPL tergolong lebih dari baik dengan presentase 83%, pada interval (81-85). (2) Motivasi belajar matematika siswa saat pembelajaran oleh mahasiswa PPL program studi pendidikan matematika FKIP Unissula tergolong sangat tinggi dengan presentase 84 % pada interval (75-100). (3) Hasil belajar siswa tergolong baik dengan presentase 84,48 pada interval (81-85). Setelah data dianalisis menggunakan Program SPSS diperoleh Hasil secara parsial yang menunjukkan bahwa variabel keterampilan mengajar mahasiswa PPL memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 25,1%. Motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 23,3%. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa keterampilan mengajar mahasiswa PPL dan motivasi siswa mempengaruhi hasil belajar matematika sebesar 44,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat pengaruh keterampilan mengajar mahasiswa PPL program studi pendidikan matematika FKIP Unissula dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP/SMA lokasi PPL di Semarang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item