ANALISIS KESALAHAN DAN PERBAIKAN KONSEP BUKU SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2014

Jubirman, Jubirman (2015) ANALISIS KESALAHAN DAN PERBAIKAN KONSEP BUKU SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2014. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi buad cd lengkap_1abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi buad cd lengkap_1cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi buad cd lengkap_1daftar isi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jubirman. 2015. Analisis Kesalahan dan Perbaikan Konsep Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Satu Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2014. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Analisis, buku teks, kurikulum 2013, edisi revisi. Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang memiliki peran dominan dalam proses belajar mengajar di kelas. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah buku teks matematika siswa SMA kelas X semester satu kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pihak Kemendikbud sebagai implementasi pendukung kurikulum 2013 meskipun telah direvisi tahun 2014, setelah digunakan oleh siswa, guru, pakar pendidikan, dan para pemerhati pendidikan ternyata buku ini masih banyak kelemahan yang berakibat pencapain tujuan pembelajaran terhambat dan tidak mencapai sasaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui persentase kesesuaian antara urutan dan kelengkapan materi buku yang diteliti dengan silabus matematika kelas X kurikulum 2013. (2) Mengetahui persentase kesesuaian konsep dan ilustrasi (gambar) pada materi dalam buku yang diteliti. (3) Memberikan perbaikan konsep dan ilustrasi (gambar) dari kesalahan penyajian materi pada buku yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan instrumen penelitian melalui tabel perbandingan dengan metode dokumentasi dan kartu data dengan metode observasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan pemeriksaan teman sejawat, guru dan dosen melalui metode diskusi agar mendapatkan saran atau masukan yang berguna dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kesesuaian urutan dan ketersediaan materi pada buku teks yang diteliti sudah sesuai 100% dengan silabus kurikulum 2013, (2) Tingkat kesesuaian konsep dan ilustrasi (gambar) pada materi yang disajikan setiap bab dalam buku yang diteliti berturut-turut adalah 87% dan 75%, dan (3) Perbaikan konsep dari kesalahan penyajian materi pada buku teks yang diteliti dilakukan melalui pembetulan pada kartu data baik kesalahan konsep maupun kesalahan ilustrasi (gambar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item