KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKS POKOK BAHASAN LINGKARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTs

Zakiyah, Lutfi (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKS POKOK BAHASAN LINGKARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi all PDF_1cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi all PDF_1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi all PDF_1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakiyah, Lutfi 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan LKS Pokok Bahasan Lingkaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTs. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kemampuan Pemcahan Masalah, Numbered Head Together Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui adanya motivasi belajar siswa dalam model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS berbantuan terhadap kemampuan pemecahan masalah pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung. (2) mengetahui adanya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin wilalung pokok bahasan lingkaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS mencapai kategori baik yaitu 72. (3) mengetahui adanya rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS lebih baik dari padakemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan Talking Stick pada pokok lingkaran siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas VIII Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung. Berdasarkan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS dan kelas kontrol dengan pembelajaran Talking Stick. Data diperoleh melalui : (1) dokumentasi, (2) angket, dan (3) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah digunakan uji banding (OneWay Anava), untuk uji ketuntasan (KKM) kemampuan pemecahan masalah dengan uji One sample T Test dan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan uji analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS dalam proses pembelajaran materi lingkaran berlangsung baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan pemecahan masalah matematika yang diperoleh siswa. berdasarkan regresi liniear sederhana kelas eksperimen menunjukkan adanya pengaruh baik antara motivasi belajar siswa dalam model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika pokok bahasan lingkaran sebesar 56,7% dengan persamaan regresi y ̂= 35,475 + 0,485 x. Hasil One sample T Test diperoleh nilai mean 75,62 dan Sig. (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen mencapai kemampuan pemecahan masalah matematika matematika kelas VIII MTs Tarbiyatul Mubtadiin wilalung pokok bahasan lingkaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS mencapai kategori baik yaitu 72. hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan LKS 75,62 lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan Talking Stick 70,81 pada pokok lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 06:59
Last Modified: 24 Aug 2015 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item