Lathifah, Luthfiana Nur (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PAIR CHECKS BERBASIS KARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT PADA SISWA MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI_1abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_1cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Lathifah, L. N. 2015. Keefektifan Pembelajaran Pair Checks Berbasis Karakter Islami Terhadap Hasil Belajar Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa MTs. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Hevy Risqi Maharani, S.Pd., M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Karakter Islami, Pair Checks. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk : (1) mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran pair checks berbasis karakter islami materi segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII semester II MTs. Miftahul Huda tahun pelajaran 2014/2015 mencapai kategori baik yaitu 75, (2) mengetahui rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang dikenai pembelajaran pair checks berbasis karakter islami lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran sinektik berbasis karakter islami materi segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII semester II MTs. Miftahul Huda tahun pelajaran 2014/2015, (3) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan sikap percaya diri dalam pembelajaran pair checks berbasis karakter islami terhadap hasil belajar materi segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII semester II MTs. Miftahul Huda tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian adalah kelas VII MTs. Miftahul Huda Jepara dengan jumlah 50 orang. Siswa yang diambil untuk penelitian duduk pada jenjang kelas yang sama dan pembagian kelas menggunakan sistem acak, karena jumlah populasi terbatas maka teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh penulis adalah sampling jenuh. Dalam penelitian ini sebagai kelas eksperimen yaitu siswa kelas VIIb yang berjumlah 25 siswa dikenai pembelajaran pair checks berbasis karakter islami, dan kelas kontrol yaitu siswa kelas VIIa yang berjumlah 25 siswa dikenai pembelajaran sinektik berbasis karakter islami. Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai kategori baik yaitu 88,4, (2) terdapat mean hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,001 dimana 0,001<0,05, maka terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik. (3) berdasarkan uji regresi linier sederhana didapat dari nilai R square 0,649 artinya variabel sikap percaya diri berbasis karakter islami memberi kontribusi sebesar 64,9%. Melalui model persamaan regresi Y ̂=6,678+1,172X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 06:59 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 06:59 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |