ANALISIS KESALAHAN DAN PERBAIKAN KONSEP BUKU SISWA BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER 1 EDISI REVISI 2014

Wahyuni, Mei Liana Putri (2015) ANALISIS KESALAHAN DAN PERBAIKAN KONSEP BUKU SISWA BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER 1 EDISI REVISI 2014. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
skripsi full_1abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full_1cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full_1daftar isi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Mei Liana Putri Wahyuni. 2015. Analisis Kesalahan dan Perbaikan Konsep Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II. Mohamad Abdul Basir, S.Pd., M.Pd Kata kunci: analisis kesesuaian, perbaikan konsep, buku matematika siswa Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014 yang digunakan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 terjadi miss konsepsi di lapangan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini diantaranya terjadi beberapa kesalahan konsep dalam penyajian materi, penggunaan bahasa dan teknik penulisan yang kurang tepat dan ketidaksesuaian antara muatan materi dalam silabus dengan Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014. Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan dan Perbaikan Konsep Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pada Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014. Kualitas yang dimaksud adalah dari segi urutan dan ketersediaan materi pada buku dengan silabus kurikulum 2013 dan kesesuaian konsep dan ilustrasi (gambar) pada buku. Penelitian ini temasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014 dan silabus kelas VII kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan tabel perbandingan dan kartu data. Teknik Analisis data adalah statistik deskriptif menganalis data dengan cara mendeskripsikan kesalahan penulis dalam menyusun buku. Hasil penelitian Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014 menyatakan persentase ketersediaan materi pada Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014 adalah 66,176%, kesesuaian konsep dari 162 konsep ditemukan 85,186% konsep yang sesuai dan 14,814% konsep yang tidak sesuai dan kesesuaian ilustrasi (gambar) dari 109 gambar ditemukan 93,578% konsep yang sesuai dan 6,422% konsep yang tidak sesuai. Hasil akhir penelitian merekomendasikan bahwa Buku Siswa Bidang Studi Matematika Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2014 dapat digunakan sebagai rujukan atau pegangan bagi siswa akan tetapi perlu revisi sedikit pada konsep dan ilustrasi gambar agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Ketersediaan antara materi pada buku dengan silabus kurang sesuai maka perlu dikaji lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 06:59
Last Modified: 24 Aug 2015 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item