KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL PADA SISWA SMA

Sofiana, Frida (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRIDA SOFIANA _422110010__1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRIDA SOFIANA _422110010__1cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRIDA SOFIANA _422110010__1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sofiana, Frida. 2015. Keefektifan Pembelajaran Numbered Head Together Berkarakter islami Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Pada Siswa SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd, M.Pd., Pembimbing II. Mohamad Aminudin, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran matematika, NHT, STAD Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan perbedaan aktivitas, motivasi siswa yang menggunakan NHT Berkarakter Islami dan siswa yang dikenai model pembelajaran STAD, mengetahui adanya pengaruh signifikan aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar siswa, serta mengetahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Numbered Head Together dengan karakter islami mencapai kategori baik pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel kelas X MIA 2 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang terdiri atas lima kelas. Sampel penelitian ini adalah diambil dua kelas secara acak dari kelima kelas yaitu kelas Mia 1 sebagai kelas kontrol, kelas Mia 2 sebagai kelompok eksperimen I (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT), dan kelas Mia 1 sebagai kelompok kontrol (menggunakan model pembelajaran STAD). Berdasarkan hasil penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran STAD dan model Pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi persamaan linier tiga variabel kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti pada analisa akhir dengan uji Independent 2 Sample T-Test yaitu diperoleh t_hitung=0,482 dk=58 diperoleh t_tabel=0,711. Adapun rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 75.97 dan kelompok kontrol adalah 72.90. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHTlebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran STAD dan terdapat pengaruh positif antara aktivitas dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:53
Last Modified: 24 Aug 2015 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item