KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING OUTDDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 20 SEMARANG

Sulistiani, Desi (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING OUTDDOOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP N 20 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Sulistiani, Desi. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Outddoor Terhadap Hasil Belajar Materi Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Semarang. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Mohamad Aminudin,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Outdoor, Creative Problem Solving, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui adanya pengaruh motivasi dan aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran Creative Problem Solving Outdoor terhadap hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2014/2015. (2) mengetahui bahwa hasil belajar siswa dalam model pembelajaran Creative Problem Solving Outdoor lebih baik daripada model pembelajaran Creative Problem Solving Indoor pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2014/2015. (3) mengetahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan mode pembelajaranl Creative Problem Solving Outdoor mencapai kategori baik yakni 75 dalam skala 0-100 pada materi segiempat mencapai kriteria baik yaitu 75 di kelas VII SMP Negeri 20 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksperimen dengan populasi semua siswa kelas VII SMP Negeri 20 Semarang. Berdasarkan teknik cluster random sampling di peroleh dua kelas sampel yakni kelas eksperimen di kenai model pembelajaran Creative Problem Solving Outdoor dan kelas kontrol dikenai model pembelajran Creative Problem Solving Indoor. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, angket, dan tes kemampuan awal. Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi dan aktivitas terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi linier ganda, untuk mengetahui bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik digunakan uji Descriptive Statistics, dan untuk mengetahui ketuntasan rata-rata hasil belajar di uji dengan One-Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) adanya pengaruh positif variabel motivasi dan aktivitas terhadap hasil belajar,(2) mean hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, dan (3) hasil One-Sample Test diperoleh nilai thitung 22,110 lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu sebesar 2,04 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 5%. Jadi H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih dari 75 dan mencapai KKM yang ditetapkan. Hasil regeresi R Square (indeks determinasi) sebesar 0,883 = 88,3% dari korelasi koefisien 0,0940. Pengaruh variabel motivasi dan aktivitas terhadap hasil belajar sebesar 88,3%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:53
Last Modified: 24 Aug 2015 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item