Mukhtar, Muhamad (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP SIKAP DOSEN MENGENAI INTERPROFESSIONAL EDUCATION - Studi Observasional Analitik di Universitas Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Januari 2017 – Maret 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Interprofessional Education (IPE) adalah suatu metode pendekatan pembelajaran kelompok interaktif yang bertujuan untuk memberikan suasana belajar bersifat kolaborasi untuk mewujudkan praktik kolaborasi, dan penyampaian pandangan mengenai interpersonal, kelompok, organisasi dan hubungan antar organisasi sebagai proses profesionalisasi. Keberhasilan pendekatan pembelajaran Interprofessional Education pada universitas sangat bergantung pada dosen sebagai pengajar serta bagaimana sikap dosen mengenai Interprofessional Education, banyak faktor yang mempengaruhi sikap dosen mengenai Interprofessional Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap sikap dosen mengenai Interprofessional Education. Penelitian observasional analitik ini menggunakan rancangan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner tentang bagaimana sikap mengenai Interprofessional Education kepada responden yang berada di Universitas Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan mengambil data identitas berupa jenis kelamin, profesi, pendidikan dan lama mengajar. Data penelitian ini dianalisis dengan uji chi-square (X2) dilanjutkan dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa distribusi responden paling banyak berjenis kelamin perempuan (60,7%), profesi paling banyak dokter (32,7%) sedangkan pendidikan paling banyak S2 (35,3%) serta banyak dosen yang sudah mengajar lebih dari 5 tahun (59,3%). Hasil uji chi-square (X2) menunjukan ada pengaruh profesi ( p = 0,000) dan pendidikan ( p = 0,003) dosen terhadap sikap mengenai IPE. Faktor dosen yang paling dominan berpengaruh dari kesimpulan hasil uji regresi logistik adalah profesi (p = 0.025; PR = 3.162; IK 95% = 1.152 – 8.674). Kesimpulan, faktor profesi dan pendidikan mempunyai pengaruh terhadap sikap dosen mengenai Interprofessional Education. Kata kunci : Interprofessional Education
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:28 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7562 |
Actions (login required)
View Item |