RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SMA KELAS XI SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2014 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Salim, Ahmad (2015) RELEVANSI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK SMA KELAS XI SEMESTER 1 TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2014 BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Skripsi_1daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_1abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi_1cover.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Salim, Ahmad. 2015. Relevansi Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas XI Semester 1 Terbitan Kemendikbud Tahun 2014 Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Evi Chamalah, M.Pd., Pembimbing II Meilan Arsanti, M.Pd. Kata kunci: analisis, buku teks pelajaran, materi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan kurikulum 2013. Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Buku teks tersebut haruslah memenuhi standar buku teks berdasarkan standar aspek materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan buku teks Bahasa Indonesia menurut BSNP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI semester 1 yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan lembar penilaian buku teks Bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan kesalahan penulis dalam menyusun buku teks pelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu buku teks yang dianalisis termasuk dalam kriteria baik dengan perolehan persentase skor rata-rata 75,72% pada aspek materi, 76,84% pada aspek penyajian, 76,00% pada aspek bahasa, dan 80,31% pada aspek kegrafikan. Persentase kesesuaian buku teks tersebut adalah 77,21% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI semester 1 terbitan Kemendikbud tahun 2014 sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, bahasa, dan kegrafiakan menurut BSNP. Buku teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA kelas XI semester 1 terbitan Kemendikbud tahun 2014 dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis buku teks bahasa Indonesia. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item