TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG SEMARANG

Karina, Karina (2015) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN_1cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN_1daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah perbandingan antara persepsi terhadap pelayanan yang diterima dengan harapannya sebelum mendapatkan pelayanan (Teguh, 2011). Apabila harapannya terpenuhi, berarti pelayanan tersebut telah memberikan suatu kualitas yang luar biasa dan juga akan menimbulkan kepuasan yang tinggi. Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menilai keberhasilan rumah sakit gigi dan mulut telah memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu (Mas’ud, 2009). Aspek–aspek penilaian tingkat kepuasan dinilai berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan yaitu jaminan (assurance), empati (empathy), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), tampilan fisik (tangible) (Fandy Tjiptono, 2011). Metode penelitian ini berjenis observasi dengan pendekatan cross sectional memakai instrumen kuesioner. Tingkat kepuasan pasien diukur menggunakan metode SERVQUAL, Important Performance Analysis (IPA) dan Diagram Kartesius, kepuasan dilihat melalui 5 Dimensi pelayanan yaitu jaminan (assurance), empati (empathy), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), tampilan fisik (tangible) yang kemudian di bandingkan antara persepsi dan harapan pasien. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebesar 86,67% dengan Gap -0,60 yang artinya kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSIGM-SA Semarang telah sesuai atau dinilai cukup puas oleh pasien dalam memuaskan pasien. Kata kunci : SERVQUAL,Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2015 08:45
Last Modified: 21 Aug 2015 08:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item