PENGARUH INTENSITAS MENONTON SERIAL ANIMASI UPIN & IPIN MNCTV TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK (Studi Korelasi pada Siswa SD Negeri Pandeanlamper 05 Semarang)

Prastiwi, Fitri Reti (2017) PENGARUH INTENSITAS MENONTON SERIAL ANIMASI UPIN & IPIN MNCTV TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK (Studi Korelasi pada Siswa SD Negeri Pandeanlamper 05 Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS_1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Media massa sebagai media untuk menyebarkan informasi, edukasi, dan hiburan tumbuh menjadi industri yang menghasilkan banyak keuntungan bagi beberapa orang yang terlibat dalam industri media. Khalayak berusaha mencari sumber media yang paling baik dalam memenui kebutuhannya melalui berita, informasi, dan tayangan program yang menarik. Salah satu program acara yang paling digemari anak-anak adalah serial animasi Upin & Ipin, walaupun masuk dalam kategori aman, tetapi karena frekuensi dan durasi penayangan yang lama dalam satu hari membuat acara ini berdampak pada anak-anak. Dampak yang terjadi adalah anak sering menonton televisi, motivasi belajar menurun, aktivitas terganggu dan perilaku sosialnya berkurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton serial animasi Upin & Ipin MNCTV terhadap motivasi belajar dan perkembangan sosial anak. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratifications dan teori pembelajaran sosial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Pandeanlamper 05 Semarang sebanyak 394 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 80 responden, dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji t, dan koefisien determinasi diolah menggunakan SPSS 22. Hasil kuesioner dan olah data SPSS 22 menunjukkan nilai korelasi intensitas menonton (X1) dengan motivasi belajar (Y1) sebesar 0,564, menunjukkan nilai sedang. Koefisien regresi sebesar -0,713, dapat dikatakan bahwa intensitas menonton (X1) berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar (Y1). Nilai korelasi intensitas menonton (X1) dengan perkembangan sosial (Y2) sebesar 0,071, menunjukkan nilai sangat rendah. Nilai thitung 0,628 < ttabel 1,9901 dan nilai signifikansi 0,532 > 0,05. Berarti intensitas menonton (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial (Y2). Kata kunci: intensitas menonton, motivasi belajar, perkembangan sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:14
Last Modified: 14 Jul 2017 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7191

Actions (login required)

View Item View Item