HUBUNGAN KANDUNGAN ESCHERICHIA COLI DALAM SUMBER AIR KONSUMSI DENGAN KEJADIAN DIARE (Studi pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Dempet Kabupaten Demak)

Rosyidah, Ullya Nor (2015) HUBUNGAN KANDUNGAN ESCHERICHIA COLI DALAM SUMBER AIR KONSUMSI DENGAN KEJADIAN DIARE (Studi pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Dempet Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI ULLYA NOR ROSYIDAH 01.210.6289_Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI ULLYA NOR ROSYIDAH 01.210.6289_Daftar Isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI ULLYA NOR ROSYIDAH 01.210.6289_1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Escherichia coli (E. coli) yang terdapat dalam sumber air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan balita tidak melalui proses pengolahan air yang baik maka E. coli mungkin sekali tetap tinggal dalam air tersebut dan dapat menginfeksi balita hingga terjadi diare. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kandungan Escherichia coli dalam sumber air konsumsi dengan kejadian diare pada balita. Penelitian analitik observasional menggunakan rancangan case control dilakukan pada 34 balita ≤ 3 tahun yang tinggal di wilayah Kerja Puskesmas Dempet dengan riwayat pemberian ASI eksklusif. Balita yang pernah terdiagnosis campak, memiliki riwayat alergi, dan berasal dari keluarga dengan tingkat sosial ekonomi rendah atau dibawah UMR Kabupaten Demak tidak turut disertakan dalam penelitian. Identifikasi karakteristik balita dan ibu sebagai responden diperoleh dari kuesioner, sedangkan kandungan E. coli dalam sumber air konsumsi diidentifikasi dari pemeriksaan laboratorium dengan metode most probable number (MPN) dikelompokkan sebagai memenuhi syarat (MS) apabila kandungan E. coli adalah 0/100 ml sampel air. Analisis data dilakukan secara tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan semua sampel air konsumsi yang diperiksa baik yang berasal dari bayi ≤ 3 tahun dengan diare (12 bayi) maupun tidak diare (22 bayi) semuanya bebas dari bakteri E. coli atau memenuhi syarat kesehatan. Kesimpulan: tidak ada hubungan kandungan Escherichia coli dalam sumber air konsumsi dengan kejadian diare pada balita di wilayah Kerja Puskesmas Dempet Kabupaten Demak. Kata kunci: E.coli, Sumber Air Konsumsi, Diare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 04 Aug 2015 02:56
Last Modified: 04 Aug 2015 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item