HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG INFEKSI MENULAR SEKSUAL DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN KONDOM Studi Observasional Analitik pada Wanita Pekerja Seks di Lokalisasi Desa Penundan Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang

Sari, Santi Yandita (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG INFEKSI MENULAR SEKSUAL DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN KONDOM Studi Observasional Analitik pada Wanita Pekerja Seks di Lokalisasi Desa Penundan Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[img]
Preview
Text
KTI SANTI YANDITA SARI-PDF_Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI SANTI YANDITA SARI-PDF_Daftar Isi.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KTI SANTI YANDITA SARI-PDF_Intisari.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Wanita pekerja seks (WPS) merupakan kelompok risiko tinggi penularan infeksi menular seksual (IMS). Penularan IMS salah satunya melalui hubungan seksual. Oleh karena itu, bagi WPS dianjurkan menggunakan kondom sebagai upaya pengendalian IMS. Perilaku penggunaan kondom oleh WPS yang masih rendah diduga karena rendahnya pengetahuan tentang IMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang IMS dengan perilaku penggunaan kondom pada WPS. Penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional dilakukan pada 56 WPS di lokalisasi Desa Penundan Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang yang bersedia menjadi responden penelitian. Perilaku penggunaan kondom dan tingkat pengetahuan WPS tentang IMS diperoleh dari kuesioner. Uji Fisher Exact digunakan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang IMS dengan perilaku penggunaan kondom pada WPS. Hasil penelitian menunjukkan 60,7% WPS menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pelanggan, dari jumlah ini sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan baik (57,1%). Hasil uji fisher exact diperoleh p sebesar 0,021 (p < 0,05) dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,326. Kesimpulan: Pengetahuan tentang IMS dengan perilaku penggunaan kondom pada WPS di lokalisasi Desa Penundan Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang berhubungan lemah. Kata kunci: IMS, kondom, pengetahuan, perilaku, WPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 04 Aug 2015 02:40
Last Modified: 04 Aug 2015 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item