Syaumal A., Ramildha and Rini, Tri Setyo (2016) METODE NUMERIK PERMODELAN KONSOLIDASI VAKUM MENGACU PADA KENAIKAN TEGANGAN EFEKTIF TERHADAP KEKUATAN TANAH. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
Absract.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
1.BAB I (fix).pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
6.Daftrar Pustaka.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
3.BAB III (fix).pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
5.BAB V (fix).pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
2.BAB II (fix).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
4.BAB IV (fix).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pertambahan penduduk, menyebabkan bertambahnya pula kebutuhan akan tempat tinggal serta sarana dan prasarana yang menunjang kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah jalan tol. Hal ini membutuhkan lahan yang cukup besar, hingga berujung pada penggunaan lahan pada jenis tanah bergambut. Hal ini pula yang memacu para insinyur di bidang konstruksi untuk terus mengembangkan berbagai metode perbaikan tanah khususnya tanah yang sangat lunak (tanah gambut). Salah satu metode perbaikan tanah yang sering digunakan adalah mengkonsolidasikan tanah sebelum sebuah proyek dibangun. Seiring dengan perkembangan teknologi, mulai dikembangkan metode untuk mempercepat proses konsolidasi tanah lunak, yang dikenal dengan metode konsolidasi vakum. Pada penelitian ini mengambil kasus proyek Jalan Tol Ruas Palembang – Indralaya, Sumatera Selatan. Metode konsolidasi vakum pada dasarnya menerapkan suction vakum pada massa tanah, untuk mengurangi tekanan udara yang ada di dalamnya, sehingga tekanan air pori dalam tanah berkurang dan tekanan efektif dapat meningkat. Pemodelan suction vakum dalam proses konsolidasi menggunakan metode numerik dengan software Program PLAXIS. Program ini digunakan untuk menganalisis masalah-masalah geoteknik dalam perencanaan sipil, seperti displacement, penyebaran tekanan air pori dan tegangan yang terjadi pada tanah selama konsolidasi berlangsung. Berdasarkan pemodelan numerik dengan metode vacum didapatkan hasil perubahan tekanan air pori -80 kPa serta penurunan tanah maksimum sebesar 1 m dan tegangan effektif maksimum sebesar 301,39 kN/m2sedangkan hasil yang diperoleh tanpa vakum dengan masa konsolidasi yang sama, didapatkan hasil tekanan air pori -44,97 kPa penurunan maksimum 0,103 m dan tegangan effektif maksimum sebesar 269,4 kN/m2dengan pemodelan melalui PLAXIS 8.2. Kata kunci : Tanah lunak, Konsolidasi Vakum, Suction, Pemodelan numerik, Plaxis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 02:13 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 02:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6603 |
Actions (login required)
View Item |