PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAK REJO 03

Najiyah, Firkotun (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAK REJO 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dan disiplin dengan menggunakan model Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dengan subyek penelitian kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03 dengan jumlah 20 siswa. 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil observasi di SD Negeri Tambakrejo 03 kelas IV menunjukan bahwa prestasi belajar IPS masih tergolong rendah, dapat dilihat dari 20 siswa mendapat nilai rata-rata 49,33. 16 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, hanya 4 siswa yang sudah memenuhi KKM, berarti 20% yang sudah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terjadi peningkatan prestasi belajar dan disiplin siswa kelas IV . Dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 64.67 dengan persentase ketuntasan klasikal 50% pada siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh nilai rata-rata 76.33 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Serta adanya peningkatan karakter disiplin siswa dari siklus I pertemuan I siswa yang mencapai kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 2 siswa dengan ketuntasan klasikal 50% termasuk dalam kedisiplinan siswa cukup. Siklus I pertemuan II siswa yang memperoleh kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 4 siswa dengan persentase klasikal 60% termasuk kedalam kedisiplinan siswa baik. Pada siklus II pertemuan I siswa dengan kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 6 siswa dengan ketuntasan klasikal 80% dengan kriteria kedisiplinan sangat baik. Siklus II pertemuan II memperoleh ketuntasan klasikal 85% dengan kriteria kedisiplinan siswa sangat baik dan terdapat 15 siswa dengan kriteria kedisiplinan siswa sangat baik. Dari diskripsi diatas dapat disimpulan bahwa melalui ModelPembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS dan disiplin siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03 Kata Kunci : Prestasi Belajar, Disiplin, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:30
Last Modified: 03 Jan 2017 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item