Najiyah, Firkotun (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAK REJO 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
||
|
Text
Publikasi.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dan disiplin dengan menggunakan model Kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dengan subyek penelitian kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03 dengan jumlah 20 siswa. 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil observasi di SD Negeri Tambakrejo 03 kelas IV menunjukan bahwa prestasi belajar IPS masih tergolong rendah, dapat dilihat dari 20 siswa mendapat nilai rata-rata 49,33. 16 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, hanya 4 siswa yang sudah memenuhi KKM, berarti 20% yang sudah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terjadi peningkatan prestasi belajar dan disiplin siswa kelas IV . Dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 64.67 dengan persentase ketuntasan klasikal 50% pada siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu memperoleh nilai rata-rata 76.33 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Serta adanya peningkatan karakter disiplin siswa dari siklus I pertemuan I siswa yang mencapai kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 2 siswa dengan ketuntasan klasikal 50% termasuk dalam kedisiplinan siswa cukup. Siklus I pertemuan II siswa yang memperoleh kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 4 siswa dengan persentase klasikal 60% termasuk kedalam kedisiplinan siswa baik. Pada siklus II pertemuan I siswa dengan kriteria kedisiplinan sangat baik terdapat 6 siswa dengan ketuntasan klasikal 80% dengan kriteria kedisiplinan sangat baik. Siklus II pertemuan II memperoleh ketuntasan klasikal 85% dengan kriteria kedisiplinan siswa sangat baik dan terdapat 15 siswa dengan kriteria kedisiplinan siswa sangat baik. Dari diskripsi diatas dapat disimpulan bahwa melalui ModelPembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar IPS dan disiplin siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Tambakrejo 03 Kata Kunci : Prestasi Belajar, Disiplin, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6540 |
Actions (login required)
View Item |