PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE FIELD TRIP DI KELAS V SDN 1 TREMBES REMBANG

Saputri, Destiana Ayu (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE FIELD TRIP DI KELAS V SDN 1 TREMBES REMBANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan kreativitas dan kemampuan menulis puisi bebas melalui metode pembelajaran field tripdi kelas V SDN 1 Trembes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Trembes Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 7 siswa dan perempuan 11 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan berupa siklus masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen soal dan lembar observasi. Penelitian ini berhasil menunjukkan hasil bahwa kreativitas siswa meningkat dengan hasil pada siklus I presentase ketuntasan 70,4%, di siklus II terjadi peningkatan sebesar 94%. Hasil belajar siswa juga meningkat dengan menunjukkan hasil presentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi Bebas, Kreativitas, Metode Pembelajaran field trip

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:30
Last Modified: 03 Jan 2017 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item