PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI RANGKA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS IV SDN MLATIREJO

Sudarsono, Sudarsono (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI RANGKA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DI KELAS IV SDN MLATIREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR_ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Halaman_Awal.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui model Take and Give di kelas IV SD N Mlatirejo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Mlatirejo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang yang berjumlah 26 siswa terdiri atas 15 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek kemandirian belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase 56,11% dengan kriteria kemandirian cukup. Pada siklus II diperoleh persentase 74,44% dengan kriteria kemandirian baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 57,70%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar 88,50%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar di kelas IV SDN Mlatirejo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang. Kata Kunci: Kemandirian, Prestasi Belajar, Model Take and Give

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:30
Last Modified: 03 Jan 2017 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item