PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH BERBANTUAN MEDIA KARTU WARNA DI KELAS IV SDN KARANGREJO 01 DEMAK

Sholikhah, Nurul Hidayatus (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH BERBANTUAN MEDIA KARTU WARNA DI KELAS IV SDN KARANGREJO 01 DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu: rendahnya tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajar IPS, guru masih menggunakan metode teacher centered (berpusat pada guru) dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran membosankan dan siswa kurang aktif, tidak semangat dan melakukan hal yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran seperi berbicara dengan teman sebangku, bermain sendiri bahkan mengganggu teman yang lain pemanfaatan media dan alat peraga yang belum maksimal juga menambah daftra belum optimalnya proses pembelajaran. Dengan ini demikian melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara tepat untuk perbaikan mutu pelajaran IPS di SDN Karangrejo 01 dalam meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Tujuan ini penelitian ini adalah: untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran make a macth dikelas IV SDN Karangrejo 01. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN Karangrejo 01 kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapa model make a macth dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar. Hal ini terbukti dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,7 % dengan kriteria tanggung jawab cukup. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89,35% dengan kategori sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan peningkatan prestasi hasil belajar siswa. Peningkatan pada siklus I memperoleh rata-rata 76,95% dengan presentase ketuntasan 69,56% pada kriteria baik. Pada siklus II memperoleh rata-rata 87,69% dengan presentase ketuntasan 91,30% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model make a macth dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar di SDN Karangrejo 01 Demak. Kata kunci: Kejujuran, Prestasi Belajar dan Model Maka A Macth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:29
Last Modified: 03 Jan 2017 01:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6531

Actions (login required)

View Item View Item