PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA RAKYAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 03 SUSUKAN

Imam, Nurul (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA RAKYAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 03 SUSUKAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dikelas V SDN 03 Susukan yang menunjukan bahwa disiplin siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya menaati peraturan dalam pembelajaran, menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, menjaga ketertiban kelas, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperolah masih dibawa KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar bahasa indonesia menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (nomor kepala) berbantuan media audio visual dikelas V SDN 03 Susukan kecamatan Comal kabupaten Pemalang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh persentase klasikal 44,83% dengan rata-rata kelas 66,44 sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal secara signifikan yaitu 89,66% dengan rata-rata kelas 87,13. Pada siklus I disiplin siswa memperoleh persentase seluruh skor 77% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan memperoleh persentase seluruh skor 91% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (nomor kepala) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar bahasa indonesia kelas V SDN 03 Susukan. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (nomor kepala)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:26
Last Modified: 03 Jan 2017 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item