Jiwatami, Diajeng Setya (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED EARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN GENUKSARI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, sebagaimana yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, Negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Hal itulah yang mempengaruhi pentingnya tanggung jawab diajarkan dalam proses pembelajaran khususnya pada siswa sekolah dasar (SD). Namun dalam situasi yang terjadi di kelas IV SDN Genuksari 01 siswa belum memiliki tangggung jawab yang maksimal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari solusi meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui model Problem Based Learning berbantuan media audio visualdi kelas IV SDN Genuksari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Genuksari 01 Semarang yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek tanggung jawab siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase tanggung jawabrata-rata 60,56% dengan kriteria cukup sedangkan siklus II diperoleh persentase tanggung jawab rata-rata 86,21% dengan kriteria sangat baik. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya yaitu siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 64,1% dan siklus II dengan presentase ketuntasan kelas 94,87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN Genuksari 01 Semarang. Sebaiknya saat pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran agar semua siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan siswa merasa senang untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, ModelProblem Based Learning, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:24 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6479 |
Actions (login required)
View Item |