Nugroho, Panggih Jati (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DANPRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS IV SDN3 KANDANGREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Secara teoritis bahwa sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sikap rasa ingin tahu yang kurang akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Apakah sikap rasa ingin tahu siswa dapat ditingkatkan melalui model Quantum Learning (2). Apakah prestasi belajar IPA siswa dapat ditingkatkan dengan model Quantum Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Kandangrejo Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil observasi di kelas IV SDN 3 Kandangrejo, menunjukan bahwa rasa ingin tahu siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya aktifitas siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM. Dari data pra penelitian terdapat 11 siswa yang mencapai KKM dengan presentase 52,38% dan 10 siswa yang tidak mencapai KKM dengan presentase 47,62%. Pada siklus I pertemuan 1 rasa ingin tahu mendapatkan presentase 65,28% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presentase 67,26% dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan 1 mendapat presentase 73,81% dengan kriteria baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat 88,69% dengan kriteria sangat baik. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh presentase klasikal 47,62% dengan rata-rata kelas 71,90, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 85,71% dengan rata-rata kelas 86,67 . Dapat disimpulkan bahwa Model Quantum Learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Kandangrejo. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu, Model Quantum Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6461 |
Actions (login required)
View Item |