PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN BANJARSARI 1

Anggraini, Wahyu (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN BANJARSARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika yang dominan menggunakan ceramah dan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika. Sehingga masih banyak siswa kelas V yang belum memahami materi matematika, terbukti dengan hanya 14 siswa yang memenuhi nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together materi pecahan di kelas V SDN Banjarsari 1 Sayung, kecamatan Sayung, kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Banjarsari 1 Sayung yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 66,93 dan ketuntasan belajar 61,29%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 88,22 dan ketuntasan belajar 96,77 %. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukan dengan peningkatan tanggung jawab pada setiap siklusnya. Pada siklus I mendapat skor akhir 2,25 sehingga termasuk kriteria penilaian tanggung jawab baik. Pada siklus II dengan skor akhir 3,27 sehingga termasuk kriteria penilaian tanggung jawab sangat baik. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Tanggung Jawab, Model Pembelajaran NHT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:06
Last Modified: 30 Dec 2016 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item